Situs dan Aplikasi Untuk Belajar Pemrograman Dasar, Struktur Data, Analisa Algoritma

Pada tahun awal kuliah di bidang teknologi informasi umumnya merupakan tahun yang cukup mengagetkan. Seperti kaget dengan pemrograman, kaget salah jurusan (tidak sesuai yang dibayangkan). Untuk pemrograman, butuh latihan yang banyak supaya paham (bukan hafal). Dan ini tidak bisa dilakukan dalam satu malam. Oleh karena itu dibawah ini saya sajikan menu belajar latihan mandiri yang pernah saya gunakan.

Selain untuk mahasiwa, ini juga bisa untuk asisten dosen yang ingin memberikan pelajaran. Tinggal kasih tugas dari situs toki aja. dan untuk ppt juga bisa ambil dari toki. Lebih mudah, dan lebih teruji πŸ˜€

Toki Learning Center / TLX

Alamat :  https://tlx.toki.id/courses/basic
Materi : Pemrograman dasar, Struktur Data, Analisa Algoritma
Materi lain : Competitive Programming
Bahasa Pemrograman: C++, Pascal (yang dijelaskan materi nya
Bahasa untuk menjawab pertanyaan : C++, Pascal, Python, Java
Bahasa : Indonesia
Fitur Selain Materi : Soal dengan upload source code dan dinilai langsung, Perlombaan bulanan

Salah satu alasan situs ini menjadi favorit saya adalah karena lebih menekankan pada logika pemrograman untuk soal-soalnya.

Saya pakai ini sejak masih SMA, Sebenernya ini dikhususkan untuk anak SMA yang ikut ajang perlombaan informatika seperti olimpiade sains nasional (osn), dan berbagai lomba pemrograman kompetitif (CP). Namun menurut saya masih relevan untuk mahasiswa. Pengalaman saya dulu umumnya kadang kadang nggak bisa langsung submit jawaban, pasti ada yang salah di awal πŸ˜€

Selain portal web untuk belajar, toki juga punya grup resmi di facebook untuk tanya jawab. Misal anda bingung terhadap satu soal, anda bisa searching menggunakan nama soal atau link nya. Atau bisa juga menggunan topik/tag seperti dibawah. Jika tidak ada, anda bisa bertanya disana. Orang nya baik baik kok mau baca kode dengan detil :D. Dan jangan lupa dengan tulisan saya satu ini : Bertanya Pada Akar Masalah πŸ˜€

Seperti yang saya bilang di awal. Cocok sekali para asisten dosen untuk meng “outsource” kan materinya kesini. Untuk tugas juga lebih mudah tidak usah mengecek satu satu karena sudah ada sistem nya. Mahasiswa tinggal upload kode dan bisa langsung di nilai sistem kode nya. Dan aplikasi ini open source bisa dipakai secara onpremise juga (tapi pertanyaan sama jawabannya buat sendiri :D)

Sololearn

Alamat :  https://tlx.toki.id/courses/basic
Materi : Pemrograman dasar, Struktur Data, Analisa Algoritma
Materi lain : Competitive Programming
Bahasa Pemrograman: C++, Pascal (yang dijelaskan materi nya
Bahasa untuk menjawab pertanyaan : C++, Pascal, Python, Java
Bahasa : Indonesia
Fitur Selain Materi : Soal dengan source code dan dinilai langsung, Perlombaan

Merupakan aplikasi mobile

Saya pribadi belum pernah mencoba aplikasi ini. Namun melihat kawan saya yang menunjukan perkembangan setelah mencoba aplikasi ini, Sepertinya bagus juga. Tidak hanya materi, namun ada soal dengan kode langsung baik itu mengisi kekosongan kode, pilihan ganda, dan menulis kode. Selain itu ada forum untuk diskusi serat mode champion untuk bertanding dengan teman.

Youtube : MyCodeSchool

Alamat : https://www.youtube.com/user/mycodeschool 
Materi : Struktur data
Bahasa Pemrograman : C++
Bahasa : Inggris

Bagi yang suka video, ini salah satu yang saya rekomendasikan karena tidak membosankan (hanya ppt next next saja) melainkan menggunakan tangan seperti dijelaskan lewat whiteboard. Bahasanya juga jelas tidak terlalu cepat sehingga cocok untuk yang bahasa inggrisnya masih awam.

Buku Legend : Introduction to Algorithms

Materi : Struktur Data, Analisa Algoritma
Bahasa Pemrograman : Pseudocode
Bahasa : Inggris

Buku legend yang sering dirujuk untuk mata kuliah analisa algoritma di seluruh bagian dunia. Dan dirujuk untuk paper yang berkaitan dengan analisa algoritma (10 ribu rujukan). Salah satu penulisnya juga yang membuat algoritma enkripsi RSA. Pokoknya nggak CS lah kalo nggak kenal buku ini πŸ˜€ . Saya pernah baca tapi nggak sampe selesai πŸ˜€

Kalau anda punya waktu lebih dan tertarik dalam bidang theoritical computer science. Buku ini solusinya. Membahas sangat detil setiap algoritma.

Bonus meme πŸ˜€

Kesimpulan

Saya pribadi lebih menyarankan untuk menggunakan toki. Namun jika ada batasan waktu (misal 1 minggu lagi uts baru belajar) bisa menggunakan alternatif lain seperti sololearn dan youtube.

guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments