FAQ Cryptocurrency

Sumber : https://www.vectra.ai/blogpost/the-alarming-surge-in-cryptocurrency-mining-on-college-campuses

Melihat pertanyaan di internet, jadi teringat momen ketika setelah membaca buku “Mastering Ethereum”, muncul pertanyaan di pikiran, entah karena belum dijelaskan dibuku, atau terlewat membacanya. Akhirnya mencoba mencari di internet waktu itu

Kalau terjadi fork, berarti uang nya 2 kali lipat?

Iya karena misalkan kita punya uang 20 di bitcoin, dan ketika muncul bitcoin cash uang kita juga 20 bitcoin cash.

Tidak karena nilai 20 bitcoin jika di konversi ke usd beda dengan 20 bitcoin cash. Apalagi jika ada fork, fork baru pasti nilai tukar dengan usd nya jauh lebih kecil.

Kita juga bisa membuat fork sendiri, cuman gak akan bernilai karena hanya kita yang mengakui nya.

Cryptocurrency di backing apa?

Sumber : https://twitter.com/anonhitechrevo1

Uang fiat yang dipakai saat ini pun sudah tidak dibacking murni dengan emas 100% (Nixon Shock). Kerjanya bank sentral (BI/The Fed) untuk “Printing Money from Thin Air” secara aman sehingga tidak terjadi inflasi yang parah.

Cryptocurrency tidak di backing oleh barang fisik. Melainkan di backing oleh kepercayaan. Walaupun ada juga yang bilang di backing gold (saya belum baca lengkapnya seperti apa)

Bagaimana nilai uang bertambah? apakah ditukar uang? atau hanya dari mining saja?

Contoh cryptocurrency X (ini contohnya asal, dan disederhanakan, tapi konsepnya sama)

Tahun 2010, mata uang versi 1 dibuat dengan di definisikan di kode program bahwa 1 orang founding father (misalkan namanya Anto) mempunyai saldo 50.

Untuk meningkatkan total cryptocurrency yang ada, diatur “mining bonus” yang didapat miner diluar “mining fee”. Misalkan Anto mentransfer 20 ke budi. Yang menjadi miner (memfasilitasi transaksi) adalah Caca. Di kode program ditetapkan mining fee sebesar 1. Jadinya anto harus mengeluarkan 21, 20 untuk budi, 1 untuk caca (miner). Namun karena di kode program ada “mining bonus” sebesar 5. Maka caca juga mendapat 5. Sehingga total uang yang bersirkulasi adalah 55, dari awalnya 50

Siapa yang ngatur kebijakan moneter (mining fee, mining bonus)? yang ngatur adalah para developer. Jika para developer sepakat akan perubahan, maka akan ada perubahan versi, misal dari versi 1 ke versi 2. Bagaimana jika ada yang tidak setuju? akan terjadi fork karena antara versi yang berbeda tidak dapat saling bertransaksi secara langsung (harus melalui exchange)

Serta sebaliknya juga, Jika inflasi terlalu besar, para developer bisa membuat versi baru yang menurunkan miner bonus.

Cryptocurrency Legal

Saya dapat ini dari seminar. Statusnya sama seperti emas, dan usd. Legal untuk investasi, tapi illegal untuk dipergunakan dalam jual beli (misal beli nasi goreng pakai bitcoin). Bisa dilihat juga beberapa crypto exchange yang sudah mendapat izin.

Sejarah dan Kondisi Saat Ini

Bahasan cryptocurrency sudah ada sejak 1980 di Cypherpunk mailng list. Namun baru terealisasi di 2008 (bitcoin). Salah satu janji manis awal = cheap transaction fee. Para founding father nya mengkampanyekan bitcoin dengan ideologi. Kondisi saat ini? transaction fee mahal, dan para pengguna nya mengkampanyekan dengan “Easy Money”. Kalau penasaran bisa baca buku ini :

https://davidgerard.co.uk/blockchain/book/

Last but not least

Ini analaogi favorit saya, dari pak Budi Rahardjo. Untuk lebih jelasnya bisa langsung menuju blog beliau : https://rahard.wordpress.com/2017/12/20/analogi-bitcoin

Bazar makanan = kegiatan jual-beli barang/jasa di kehidupan
Cryptocurrency = Kupon Bazar, 1 kupon bisa ditukar makanan seharga 20rb
Karena kupon terbatas, orang jual 1 kupon seharga 25 rb. Karena melihat bisa untung dengan menjual kupon, orang-orang berlomba-lomba membeli dan menjual kupon sampai harga kupon bisa 100rb
Karena tidak ada yang membeli makan dengan kupon, akhirnya pada pakai rupiah untuk beli makan. Lalu bazarnya tutup karena acaranya selesai. Bagaimana nasib orang yang masih memegang kupon?

guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments